Selasa, 24 Februari 2015

Pentingnya berbahasa indonesia yang baik dan benar

Hai teman, untuk pertama kalinya saya memposting diakun blog baru saya.
Ya, seperti yang kalian tau. bahasa indonesia sering dianggap remeh oleh kalangan pelajar atau masyarakat indonesia sendiri. kenapa? karena mereka menganggap bahasa indonesia adalah bahasa yang sangat mudah dipelajari. akan tetapi tidak semudah itu.
terkadang kita sering mengabaikan huruf EYD yang benar. sampai akhirnya kita menggunakan bahasa yang mungkin sering disebut "Bahasa Alay"
contohnya:
Saya tidak mau ikut.
dan berubah menjadi: Gw gk mao ikut, Gue gak mw ikut, dan semacamnya.
mengapa bahasa indonesia yang baik dan benar itu penting?
misalnya ketika kita bicara dengan orang yang lebih dewasa seperti orang tua, guru, dll.
contoh:
Bu, saya mohon ijin untuk ke toilet.
dan bisa jadi, karena kita sering mengatakan kalimat sehari-hari atau alay. maka kalimat diatas akan berubah menjadi:
Bu, gw pengen ijin ke wc.
hahaha, apakah sopan kita berbahasa seperti itu, teman?
ya banyak sekali teman-teman kita yang tidak mengerti penempatan bahasa yang sesuai. bukan tidak mengerti sih, melainkan mereka sering mengabaikannya.
dan seharusnya sebagai bangsa indonesia, kita wajib berbangga dengan bahasa kita sendiri. selain itu bahasa indonesiapun terdapat di Ujian Nasional loh.
Belajar bahasa indonesia itu sebenarnya sangat menarik.
mulai dari majas, puisi, kata pengantar, surat, membuat novel atau cerpen, ide pokok bahasan, dll.,
hmm, tidak sesulit matematika sih, hehe.
nah diatas itu adalah contoh majas.
nah diatas itu adalah contoh puisi.
ada manfaatnya loh membuat puisi. kita jadi bisa membuat puisi untuk orang yang kita sayang.
hehehe
contohnya: puisi untuk ibu, nenek, ayah, kakak, adik, atau pacar.
oke teman cukup sekian ya info dari saya. mohon maaf atas kurang lebihnya. jangan bosen-bosen untuk mampir ke blog saya ya^^



Tidak ada komentar:

Posting Komentar